Selasa, 01 Mei 2018

Manajemen Waktu untuk Mompreneur Sukses

Manajemen Waktu untuk Mompreneur Sukses
 Herbaljawa Super,  01 Mei 2018

Manajemen Waktu untuk Mompreneur Sukses
Isu tentang permasalahan anak yang dipengaruhi oleh perkembangan zaman semakin hangat menjadi pembahasan penting bagi para ibu yang aware terhadap tumbuh-kembang anaknya. Apapun bentuk pengaruh tersebut,  membuat para ibu semakin menyadari pentingnya keberadaan dirinya dalam menemani setiap langkah perkembangan buah hatinya. Peran ibu memang tidak dapat digantikan oleh siapapun, sebaik apapun seorang pengasuh. Terlepas dari apapun alasan seorang ibu bekerja diluar rumah, namun yang pasti semua ibu akan mengalami dilema besar ketika harus menitipkan hari-hari berharganya bersama anak tercintanya kepada orang lain.
Ada pilihan menarik sebagai mompreneur yang dapat digeluti oleh para ibu. Momspreneur secara sederhananya adalah seorang ibu yang melakukan usaha/berbisnis dari rumah, dalam bentuk apapun. Tetap menjalankan tugas utamanya sebagai istri serta ibu, namun juga dapat mengaktuliasasikan dirinya dengan berbisnis dari rumah serta mendapatkan penghasilan yang cukup besar jika ditekuni dengan baik. Terlebih lagi dengan teknologi yang semakin canggih sehingga mempermudah menjalankan bisnis dari rumah. Nilai plus seorang wanita yang dapat menjadikannya pebisnis sukses dari rumah dibandingkan pria adalah kemampuan multitasking-nya yang tidak diragukan lagi. Wanita dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus secara bersamaan.
Tips Mengatur Waktu untuk Mompreneur
Menjadi mompreneur sukses memang sangat menarik, begitu pula tantangan yang harus dihadapi. Tantangan terbesar adalah masalah waktu. Bagaimana mompreneur sukses me-manage waktu antara keluarga serta bisnis?
1.      Pemetaan waktu
Ada dua pilihan pemetaan yaitu memilih jenis bisnis yang dapat mengikuti waktu luang yang ada atau membuat waktu khusus untuk bisnis yang sudah ditentukan lalu pekerjaan rumah tangga lainnya menyesuaikan. Yang pasti, berbisnis selalu berkaitan dengan konsumen, maka mompreneur sukses harus professional dengan waktu yang telah ditentukan. Komunikasikan pula dengan keluarga terkait waktu tersebut. Dukungan keluarga menjadi amunisi pertama dalam menjalankan bisnis dari rumah. Biasanya kendala terbesar bagi momspreneur adalah bagaimana membuat anak-anak memahami kondisi ibunya yang sedang bekerja. Oleh karena itu seorang mompreneur harus cerdas mengatasinya, misalkan bila anak-anak masih terlalu kecil untuk memahami kondisi ibunya maka dapat disiapkan alat-alat permainan menarik yang dapat menemani momspreneur menyelesaikan pekerjaan.
2.      Buat Planning Rutin
Buatlah Checklist pekerjaan yang harus dikerjaan pada hari tersebut dan yang sudah rutin dilakukan. Hal ini akan mempermudah mompreneur sukses dalam menentukan skala prioritas mana yang harus dikerjaan terlebih dahulu sekaligus menjadi pengingat apa yang sudah dan belum dikerjakan. Gagal dalam membuat perencanaan dan menentukan prioritas, sama artinya dengan merencanakan kegagalan.  Aturlah waktu dan jangan mau diatur atau diperbudak oleh waktu. Jangan lupa untuk tidak mengesampingkan jadwal wajib beribadah. Karena sesungguhnya beribadah adalah amunisi kita untuk menambah kekuatan ruhiyah dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup dan juga tanda kita bersyukur atas rizkiNya. Jadwal untuk beristirahat dan melakukan hal-hal yang menyenangkan juga tidak boleh diabaikan, ada hak tubuh yang wajib dipenuhi. Selain untuk pemulihan, juga akan berpengaruh pada efektifitas dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.
3.      Disiplin
Taatilah setiap planning yang telah dilakukan. JANGAN MENUNDA-NUNDA. Lakukan segera apa yang harus atau bisa dilakukan saat itu. Kedisiplinan ini akan membentuk habit yang sangat menentukan kesuksesan seseorang. Adakalanya lelah dalam rutinitas atau dalam menghadapi permasalahan membuat semangat turun dan tidak disiplin lagi. Saat itu terjadi,  ingat kembali pada tujuan awal kenapa ingin menjadi mompreneur sukses. Tujuan awal selalu menjadi kompas dan memompa kembali tekad kita agar dapat mencapai target-target yang kita ingin raih.
Fokus utama seorang mompreneur sukses tetaplah kewajiban dalam rumah tangganya. Namun seorang wanita cerdas tidak akan merasa cukup dalam mengembangkan pribadinya. Karena dipundaknya ada cita-cita tinggi untuk membentuk anak yang lebih baik dari dirinya dan membawa kebermanfaatan lebih untuk orang-orang disekitarnya. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang banyak? Selamat menjadi mompreneur sukses yang cerdas, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar